S2 HI UGM >

S2 HI UGM

Program Strata 2 (S2) Ilmu Hubungan Internasional UGM dibuka sejak tahun 2002 dan didirikan oleh Jurusan Ilmu Hubungan Internasional dengan konsentrasi di bawah program studi Ilmu Politik. Pada awalnya, Program Strata 2 (S2) Ilmu Hubungan Internasional UGM ditujukan sebagai sebuah program studi lanjutan di bidang diplomasi, kebijakan luar negeri, dan ekonomi politik internasional. Sebagai sebuah tema dalam studi hubungan internasional, fokus dari bidang diplomasi dan kebijakan luar negeri terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan pada dunia ekonomi politik internasional. Studi mengenai diplomasi, isu-isu global kontemporer, ekonomi politik global, rezim internasional, dalam perspektif politik global dan kebijakan luar negeri, dirancang sesuai dengan perubahan dan perkembangan yang terdapat dalam hubungan internasional, seperti ekonomi politik internasional, hukum internasional, dan isu-isu low-politics lainnya. Oleh karena itu, Program Strata 2 (S2) Ilmu Hubungan Internasional UGM dirancang untuk memahami keterkaitan antara berbagai macam bidang dalam dunia diplomasi dan kebijakan luar negeri.

Di tahun 2007, Program Strata 2 (S2) Ilmu Hubungan Internasional UGM mengembangkan dua fokus studi utama, yaitu Politik Internasional (International Politics/IP) dan Perkembangan Kerjasama Internasional (International Development Cooperation/IDC). Fokus dari studi mengenai IP menekankan pada pendalaman teorisasi, isu-isu politik, keamanan internasional, regionalism, hukum politik internasional, norma-norma internasional dan kosmopolitanisme, serta bagaimana implementasinya dalam dunia internasional. Isu-isu politik dan keamanan internasional dipelajari lebih dalam melalui kerangka yang konvensional dan non-konvensional, termasuk isu-isu mengenai human security dan securitization.

Pada tahun 2009, ditawarkan satu fokus studi baru yaitu, Studi Perdamaian Internasional (International Peace Studies/IPS). Studi ini merupakan hasil dari kerjasama dengan United Nations University for Peace (UN-Peace) sebagai sebuah bentuk internasionalisasi program studi Ilmu Hubungan Internasional. Hal ini sejalan dengan tujuan utama Program Strata 2 (S2) Ilmu Hubungan Internasional UGM untuk mengenalkan lebih lanjut program studi tersebut sekaligus menyukseskan program Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yaitu 'UN Decade of Peace and Non-Violence'.

MISI

  • Melakukan perkuliahan dan riset yang berorientasi problem-solving dan teoritis.
  • Mengorganisir proses edukasi yang inovatif dan kolaboratif.
  • Mengadvokasi nilai-nilai keadilan, perdamaian dan civility melalui aksi, refleksi dan emansipasi.
  • Membangun fasilitas, riset, dan komunitas yang edukatif mengikuti perkembangan teknologi.
  • Membangun lingkungan akademis yang mendorong meningkatnya pencapaian mahasiswa dan para staf pengajar.
  • Mengimplementasikan "Good University Governance".

VISI

  • Mengenalkan kerangka pembelajaran yang terintegrasi antara studi diplomasi dan kebijakan luar negeri dengan studi ekonomi politik internasional.
  • Mempersiapkan studi tingkat pascasarjana dalam Ilmu Hubungan Internasional yang memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan antara studi diplomasi dan kebijakan luar negeri dengan studi ekonomi politik internasional.

TUJUAN
Tujuan dari visi dan misi yang ada adalah untuk mengembangkan sebuah program pascasarjana hubungan internasional yang memiliki kompetensi tinggi dalam bidangnya, serta kemampuan analisis, kemampuan untuk mengembangkan kreatifitas dan kemampuan untuk mengkomunikasikan analisis dan kreatifitas yang unggul.

Terakhir Diperbarui: 26 Februari 2013